26 Juni 2012

Teknik Jitu Main Catur

Permainan catur adalah permainan berpikir yang berasal dari negara India dan sudah "berusia" tua yang identik dengan kotak-kotak hitam-putih dan potongan-potongan kayu yang menyerupai karakter manusia dalam kerajaan. Catur sudah sangat populer di negara kita, terlebih Indonesia sudah memiliki banyak ahli-ahli catur kelas dunia atau disebut "master catur" atau "grand master" seperti gelar GM di depan nama sang ahli, mulai tingkat anak-anak hingga tingkat dewasa. Seperti kita ketahui, catur bukan lagi (hanya) suatu permainan tetapi sudah dijadikan cabang olahraga yang dilombakan antar negara seperti SEA Games, dll.

Main Catur

Trik bermain catur untuk mengalahkan lawan saat permainan berlangsung yaitu selain teknik, kita memerlukan strategi untuk memenangkan permainan. Berikut teknik-teknik yang berguna untuk melakukan penyerangan atau pertahanan terhadap biji atau bidak catur kita.

Teknik Main Catur

  • Teknik Menghambat Perwira Lawan dalam Penyerangan
  • Teknik penyerangan seperti ini dapat digunakan untuk menghentikan serangan perwira-perwira lawan yang melindungi Raja lawan dengan memanfaatkan kedudukan Raja lawan. Dikatakan sebagai teknik penyerangan paksa karena lawan dipaksa untuk tidak menggerakkan bidak catur Perwiranya guna melindungi bidak catur Raja yang dimilikinya. Teknik ini sangat baik digunakan dalam sebuah penyerangan terhadap Raja yang dihalangi oleh Perwira lawan, sebab kita dapat membatasi gerak bidak catur Perwira lawan.
  • Teknik Menghindari Serangan Lawan
  • Seperti kita ketahui, lawan akan selalu berusaha melakukan serangan ke daerah pertahanan kita untuk melumpuhkan dan menawan bidak catur Raja atau bidak catur Perwira. Teknik-teknik yang kita gunakan untuk menghadapi serangan lawan seperti: Menawan bidak catur lawan yang melakukan serangan, melakukan gerakan menghindar jika masih terdapat petak kosong asalkan tidak diancam bidak catur lawan, dan melindungi bidak catur kita yang diserang dengan bidak lain (jika biji yang diserang memiliki nilai lebih baik dibanding penyerangnya).
  • Teknik Menyerang Paksa
  • Penyerangan paksa adalah suatu penyerangan dimana pemain lawan dipaksa harus merelakan salah satu bidak caturnya untuk kita tawan. Dalam penyerangan paksa ini, pemain lawan tidak akan mampu mengelak untuk mengorbankan salah satu bidak caturnya yang telah kita tawan.
  • Teknik Pengorbanan
  • Tidak hanya cinta, bermain catur juga butuh pengorbanan. Teknik pengorbanan dalam catur memang sering dipakai karena dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi kita sebagai pengambil keputusan. Teknik ini dapat mengejutkan lawan karena kita mengorbankan salah satu perwira untuk ditawan lawan. Tetapi, dengan cara ini kita dapat mengambil keuntungan yang lebih besar, bahkan dapat men-checkmate Raja lawan. Memang, teknik ini membutuhkan kejelian pemain untuk melihat kesempatan dalam melakukan pengorbanan. Yang selalu kita ingat adalah.. setiap pengorbanan harus tetap memperhatikan nilai tukar dari bidak catur yang kita korbankan. Jangan sampai kita mengorbankan Benteng hanya untuk mendapatkan Kuda lawan.

Main Catur Tingkat Lanjut?

Demikian beberapa teknik umum yang dapat digunakan dalam permainan catur. Tetapi masih ada beberapa teknik lainnya yang dapat kita gunakan untuk memenangi pertandingan. Yang terpenting adalah kita dapat menguasai dengan sangat baik keempat teknik di atas terlebih dahulu sebelum ke tingkat yang lebih tinggi. Sebab, teknik-teknik tingkat lanjut merupakan pengembangan dan gabungan dari teknik-teknik di atas.

1 komentar: